Monday, September 24, 2012

Cara Kerja Printer Laser


Cara Kerja printer laser adalah dengan prinsip elektrik statis. Awalnya Photoreceptor Drum (OPC Drum) diberi muatan positif oleh Primary Charging Roller (PCR), dengan memberikan arus listrik padanya. (Bagian ini ada di dalam Toner Catrid).
Kemudian printer menyorotkan sinar laser yang sangat kecil melewati permukaan photoreceptor drum untuk membentuk image tulisan atau gambar sesuai dengan data yang dikirim oleh komputer, berupa satu garis horizontal pada satu waktu.
Sinar laser menyorotkan cahaya pada Photoreceptor Drum untuk membentuk titik dan mematikan cahaya untuk tempat kosong per halaman. Sinar laser tidak bergerak dengan sendirinya namun sinar laser itu dipantulkan melalui cermin yang bisa bergerak sendiri. Sinar laser ini pasti berhenti pada titik di photoreceptor drum dan membentuk image electrostatic. Bagian permukaan drum yg terkena sinar laser yang berubah menjadi bermuatan negatif.
Setelah pola image lengkap, serbuk toner yang tersimpan di Toner hopper (di dalam cartridge) diambil oleh Unit Developer (Magnetic Sleeve) . Toner yang bermuatan positif melekat pada area Photoreceptor Drum yang telah membentuk image electrostastik, yaitu bagian Photoreceptor Drum yg terkena sinar laser (muatan negativ) (hukum alam positf akan mendekat pada negatif)
Lembar kertas (dengan muatan negatif yang lebih kuat dari Photoreceptor Drum) bergerak sepanjang sabuk dan roll diatas drum yang telah dibubuhi serbuk toner yang berpola. Kertas mendorong bubuk toner dari drum untuk berpindah melekat pada kertas sehingga pola image berserbuk toner berpindah pada kertas dan siap untuk difinishing pada Fuser.
Toner yang tidak menempel pada kertas dan masih melekat pada OPC Drum akan dihapus oleh Wiper Blade dan kemudian masuk ke dalam Waste Bin (Pembuangan)
Fuser (Pemanas)
Fuser mengeringkan serbuk toner yang telah berbentuk image pada kertas agar kuat melekat pada kertas. Kemudian kertas yang telah tercetak dikeluarkan menuju tray pengeluaran kertas pada printer.
Sedangkan bagian yg memancarkan sinar laser yg kita bahas di bagian atas adalah :
Laser Scanner Assembly
Laser Scanner biasanya terdiri dari 3 unit bagian :
1. Laser
2. Cermin berputar
3. Lensa
Unit laser menerima data gambar maupun text dari komputer, lalu data tersebut dipancarkan ke drum berupa titik-titik yang membentuk text atau gambar, bertahap secara horizontal pada drum.
Demikian Cara Kerja Printer Laser, semoga menjadi tambahan wawasan untuk kita semua…

Service Epson T13 “General Error”


Bagi anda yang hobi ngeprint ayau sering menggunkan printer untuk mencetak, tidak salahnya mengetahui tips memperbaiki printer. arena hal ini suatu saat akan kita butuhkan disaat waktu mendesak untuk print banyak tugas atau laporan dan pada saat itu juga printer anda mengalami masalah. Kali ini kami akan memberikan solusisederhana mengatasi permsalahan printer Epso T13. Printer epso ini memang terkenal cukup handal, akan tetapi terkadang mengalamai sedikit permasalahan yang tidak bisa kita duga sebelumnya.
“General error Epson T13″ itu sendir adalah masalah-masalah pada hardware printer, tetapi selain itu bisa juga diselesaikan  hanya dengan menginstal ulang software drivernya printer sehingga normal kembali. Beberapa penyebab printer error dengan notifikasi “General Error” :
  1. Driver Printer epson error, cara mengatasinya adalah dengan menginstall kembali driver printernya.
  2. Kalo printer anda sudah dimodifikasi memakai slang infus, hal yang dilakukan adalah periksa pergerakan catridge head dan slang. pastikan pergerakannya bebas alias  tidak nyangkut pada saat printer loading.
  3. Chip catridge kotor, hal ini pernah saya alami pada printer tx101 dan cara mengatasinya adalah dengan melepas catridge dari head dan bersihkan chip yang terbuat dari kuningan tersebut dengan penghapus pensil.
  4. Semoga  tips trik ini bermanfaat !

Pemikiranku untuk mengurangi kemacetan (bag 1)


Kemacetan merupakan hal yang tidak dapat dielakkan seiring perkembangan jaman serta peningkatan jumlah penduduk. Hampir i semua kota di indonesia ini mengalami kemacetan di jam-jam tertentu, terutama jam berangkat dan pulang kerja atau sekolah.
dalam artikel ini, saya ingin menyampaikan sedikit pemikiran awam saya yang mungkin bisa mengurangi kemacetan yang telah membuat pusing saya dan mungkin anda semua pengguna jalan raya.
Dalam mengatasi kemacetan, sepatutnya mengetahui penyebab kemacetan itu sendiri yang semakin besar kotanya, semakin koleks juga pemicu kemacetan. Namun dalam pembahasan saya kali ini saya akan membahasnya secara simpel saja (maklum pemikiran awammm). Dalam pembahasan ini, saya anggap penyebab kemacetan itu Berdasarkan http://ferli1982.wordpress.com/2012/02/08/mengurai-kemacetan-lalu-lintas-di-ibu-kota/ Jumlah kendaraan di Jakarta sampai tahun 2003 mencapai 6.506.244 unit. Dari jumlah itu 1.464.626 di antaranya merupakan jenis mobil berpenumpang, 449.169 mobil beban (truk), 315.559 bus, dan 3.276.890 sepeda motor. Pertambahan paling fantastis terjadi pada jenis kendaraan sepeda motor yang pertumbuhannya mencapai ratusan ribu kendaraan pada tahun-tahun terakhir ini (tahun 2001 sepeda motor bertambah 333.510 unit, tahun 2002 bertambah 223.896 unit, tahun 2003 bertambah 365.811 unit)
Jumlah kendaraan pribadi yang lebih banyak dibanding kendaraan umum memperparah keruwetan transportasi di Jakarta. Perbandingan jumlah kendaraan pribadi dan kendaraan umum adalah 98% kendaraan pribadi dan 2% kendaraan umum. Padahal jumlah orang yang diangkut 2% kendaraan umum lebih banyak dari pada jumlah orang yang diangkut oleh 98% kendaraan pribadi. Dari total 17 juta orang yang melakukan perjalanan setiap hari, kendaraan pribadi hanya mengangkut sekitar 49,7% penumpang. Sedangkan 2% kendaraan umum harus mengangkut sekitar 50,3% penumpang. Tingginya angka perjalanan di Jakarta membuat ruas-ruas jalan tertentu mendapat beban yang terlampau berat, bahkan di atas normal. Penelitian di 34 titik jalan arteri di Jakarta yang dilakukan Departemen Perhubungan RI pada tahun 2000 menunjukkan ada 32 titik (94%) ruas jalan arteri di Jakarta yang melebihi kapasitas. Artinya, tak ada jalan arteri di Jakarta yang bebas dari macet.

Pada jam sibuk pagi dan sore, lalu lintas di jalan-jalan utama Kota Jakarta hanya bergerak 12 km/jam. Hujan deras akan langsung melumpuhkan urat nadi lalu lintas kota. Dampaknya fantastis: kerugian sosial yang diderita masyarakat lebih dari 17,2 triliun rupiah per tahun akibat pemborosan nilai waktu dan biaya operasi kendaraan (terutama bahan bakar). Belum lagi emisi gas buang diperkirakan sekitar 25.000 ton per tahun. Dampak pada tahap selanjutnya adalah menurunnya produktivitas ekonomi kota (bahkan negara) dan merosotnya kualitas hidup warga kota.
Penelitian yang pernah dilakukan Japan International Corporation Agency (JICA) dan The Institute for Transportaion and Development Policy (ITDP) menunjukkan bahwa jika tidak ada pembenahan sistem transportasi umum, maka lalu lintas Jakarta akan mati pada tahun 2014. Perkiraan kematian lalu lintas Jakarta pada tahun 2014 itu didasarkan pada pertumbuhan kendaraan di Jakarta yang rata-rata per tahun mencapai 11% sedangkan pertumbuhan panjang jalan tak mencapai 1%. Tercatat, setiap hari ada 138 pengajuan STNK baru yang berarti di setiap harinya Jakarta membutuhkan penambahan jalan sepanjang 800 meter.
Kemacetan dapat terjadi karena beberapa alasan:
Arus yang melewati jalan telah melampaui kapasitas jalan
Terjadi kecelakaan lalu-lintas sehingga terjadi gangguan kelancaran karena masyarakat yang menonton kejadian kecelakaan atau karena kendaran yang terlibat kecelakaan belum disingkirkan dari jalur lalu lintas,
Terjadi banjir sehingga kendaraan memperlambat kendaraan
Ada perbaikan jalan,
Bagian jalan tertentu yang longsor,
kemacetan lalu lintas yang disebabkan kepanikan seperti kalau terjadi isyarat sirene tsunami.
Dari Penjelasan diatas, saya simpulkan penggunanya adalah:
1. Pelajar
2. Buruh Pabrik
3. Karyawan kantor
4. Karyawan toko
5. Angkutan barang
6. angkutan umum
7. lain-lain
Dari pengguna kendaraan diatas, saya kelompokkan menjadi 2 yaitu pengguna rutin (angkutan umum dan angkutasn barang) dan pengguna tidak rutin (pelajar, karyawan, buruh pabrik.

Sunday, July 8, 2012

Serial Number / ID Tinta Epson L100, L200

Serial Number / ID Tinta Epson L100, L200 (4 Botol Tinta)

Black ID Tinta :
9BK-VCG-9TB-V29R
Y6J-ND6-7P5-PUPM
8YF-WYY-BN3-7895
Z83-XZZ-DZ9-AP2R


4AA-YKA-JWP-YG8Q
PX3-C4Z-UB8-TT9Q
EKA-3TF-A24-GETR
J3K-958-9J4-5DLN
GDU-T62-G5N-3GMJ
7UR-BVW-47F-MBLZ
GPC-XJQ-VT9-799R
6T2-YBZ-9WX-J42A
3BV-YV9-459-S2RC
2YB-CXS-T8D-KXDG
445 - 645 - 6UD - E7VQ
X52 - 4HD - UVR - ZYRC
YVJ - FAW - J92 - QUES
VYM - 8WZ - 5F2 - RMQ3
B3M - QUH - 5ZB - YE8Z
TW7 - 6UE - BN4 - L8MB
63C - 8CD - DDQ - 55DA
A6X - 4HV - DQ9 - X3BZ
38J - 7W3 - 7WF - AL2B
H7R - HJK - FFU - P6EM
VB5 - 3TW - TVE - 9PAP

Magenta ID Tinta :
PBX-M6D-6CS-X44Q
9LN-33L-CMF-ZQR3
47S-2KX-JTW-8PDA
BMC-KU8-2LT-C3VM
LW6-5YU-QNU-RU35
LV5-BJ8-W26-GSJS
SYH-LYR-7RR-L8EF
MWA-MUJ-W6K-YJDY
HXB-ES6-5TD-UKRP
BJ2-HB4-8QP-GKPQ
4XP-YJ7-N7Z-6X63
VKT - 3N8 - K3S - EDQR
LDR - 2EA - 6KL - 4KCP
K5X - AW3 - VDU - X8GN
FEA - 8Q8 - UZM - B7U5
FXL - LFM - XAY - LUR3
9A2 - E8J - BH9 - 8D6Z
F7B - 339 -ED2 - J4UA
X4H - PNM - 2V5 - DGNZ
22L - AML - DVU - 9RK9
72W - J3K - 4BE - L7KG
EG2 - JSH - 6HY - KBX5

Yellow ID Tinta :
JR8-929-5EG-SVTJ
SEM-WBF-REX-CUHJ
5LN-834-UT6-7DUY
DRV-QET-8H5-FWTE
B7R-5E7NTJ-HRDM
RXU-7VR-XK7-P7JZ
FX2-6XP-PGL-LTFP
K33-RG2-YRN-XACJ
QGM-5Z8-6UC-UWBQ
B5W-AZ8-F82-QADY
G4A-9VQ-A8Q-2EFZ
DN4 - 5BE - S26 - NMY5
ALQ - W9G - 92W - YDMN
PPZ - FTN - 6TL - D8EZ
QDB - L3C - 5NU - TP5G
VPT - 36F - A3E - KW7E
QGD - P7Q - PLX - CNUZ
7XG - B4Q - QFZ - XCJG
HM9 - JVZ - LQ3 -H4BA
5G3 - VR3 - HPU - 6XDZ
77X - 5CP - 527 - H4JZ
ADE - BRE - Z8S - JR6J

Cyan ID Tinta :
P3L-AWY-7E4-78GM
Z7B-XK6-G8L-3CN3
77C-ZNQ-DS7-SC5M
B5V-DDM-QTT-FDR3
PSC-A9Z-87X-6Z4R
XXX-996-B96-BBUC
DV9-E8U-JW4-K47Z
WQ3-8ZR-M6Z-Z96F
MAY-M8D-8LZ-VUXC
VKP-V8T-87L-PGWB
LHL-K58-D3H-GV25
vbm - L3q - 4wp - v2te
Y2A - VBR - QBZ - XD3Q
H2X - 4UX - 7X9 - 4KCP
B84 - RUA - MM7 - UY85
JSL - 5PU - 5HL - QQBF
CL4 - CQB - HUG - Y53P
A92 - Y6J - YTM - 55VZ
DY5 - 744 - DTS - CR4A
J44 - 5LP - 2QL - WCWP
B94 - MK2 - UXJ - 2BGE
4ND - YSC - M3G - VGNC

Serial Number / ID Tinta Epson L800 (6 Botol Tinta)

Black ink bottle ID:
QJK-8M3-8SK-WE7N
TQY-9DL-2WA-98EA
L5H-8YL-MGG-2CDJ
QTX-WHE-R6L-DTBM
TUP-AB9-KPS-MZX5
32X-FDB-UUT-26UC

Cyan ink bottle ID:
64S-GB8-D68-PEPB
A7R-VLM-LRA-X583
QWU-ZXZ-RVP-V7HZ
8LL-JEM-CD2-957F

Light Cyan ink bottle ID:
TJT-2EQ-F9H-T97C
327-6WX-BN3-CFHS
SFL-J2G-RH2-857M

Magenta ink bottle ID:
3BJ-VEF-RV7-J8AE
F68-2JE-E6T-BQ6N
RVR-9Z4-CA7-ZUDR
NQ8-TFS-Q34-J4RC

Light Magenta ink bottle ID:
XKK-3TP-UU4-XE85
Z5Z- C5Q-Q6F-APZF
9F8-QEC-RDD-85TF

Yellow ink bottle ID:
UTV-GPF-2H3-BFW5
C9K-88G-JUQ-HGYM
FB7-Q2N-APU-XQ4E
SF8-WBQ-LH7-S5TF

Monday, June 18, 2012

Cara download vidio youtube

Dikarenakan saat ini ane lagi butuh beberapa vidio tutorial, akhirnya ane cari tau cara untuk mendownload vidio di youtube. setelah cari di mbah google akhirnya dapat satu: yaitu dengan mencopy url youtube ke
web http://www.savevideodownload.com/download.php
cara lain yaitu dengan menggunakan idm + mozilla 3.XXX, cara yang satu ini lebih sederhana, karena file fidio akan langsung tampil di pojok kanan atas.

Monday, April 2, 2012

Tempat Cartridge Epson T13 Parkir di kiri lama

Baru dapat pasien baru nih.... Ni pasien namanya Epson T13, keluhannya kalo dinyalakan tempat cartridge nya parkir di sebelah kiri lama banget, kemudian ke sebelah kanan, kemudian lampu orange kedip2, kemudian tidak menditeksi cartridge. setelah cari2 di mbah google, katanya ada masalah di Mother Board, tepatnya di fuse (sekring). Kemudian ane coba buka tuh printer, dan cari2 dimana fuse.
 Gambar diatas adalah gambar Mother Board Epson T13
Gambar diatas adalah gambar letak fuse(sekring) yang rusak yang saya lingkari merah.

Untuk memperbaikinya, pertama cek dulu pake multi meter, kalo sudah dipastikan putus, baru diganti, fuse banayk dijual online. atau disambung aja pake kabel (resiko tanggung sendiri).

Demikian artikel ini, jangan lupa komentarnya yah...